TUGAS TERSTRUKTUR


Alat Peraga Pendidikan
  1. Sudjana, 2009, Pengertian Alat Peraga Pendidikan adalah suatu alat yang dapat diserap oleh mata dan telinga dengan tujuan membantu guru agar proses belajar mengajar siswa lebih efektif dan efisien.
  2. Faizal, 20010, mendefinisikan Alat Peraga Pendidikan sebagai instrument audio maupun visual yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan membangkitkan minat siswa dalam mendalami suatu materi.
  3. Wijaya dan Rusyan,  1994 yang dimaksud Alat Peraga Pendidikan adalah media pendidikan berperan sebagai perangsang belajar dan dapat menumbuhkan motivasi belajar sehingga siswa tidak menjadi bosan dalam meraih tujuan-tujuan belajar.
  4. Nasution, 1985 alat peraga pendidikan adalah alat pembantu dalam mengajar agar efektif”.
  5. Suhardi, 1978  Pengertian alat peraga pendidikan atau Audio-Visual Aids (AVA) adalah media yang pengajarannya berhubungan dengan indera pendengaran (
  6. Sumad, 1972,   mengemukakan bahwa alat peraga atau AVA adalah alat untuk memberikan pelajaran atau yang dapat diamati melalui panca indera. Alat peraga merupakan salah satu dari media pendidikan adalah alat untuk membantu proses belajar mengajar agar proses komunikasi dapat berhasil dengan baik dan efektif.
  7. Amir Hamzah, 1981 bahwa Alat Peraga Pendidikan adalah adalah alat-alat yang dapat dilihat dan didengar untuk membuat cara berkomunikasi menjadi efektif”. Sedangkan yang dimaksud dengan alat peraga menurut Nasution (1985: 95) adalah “alat bantu dalam mengajar lebih efektif”.
Dari uraian-uraian di atas jelaslah bahwa pengertian alat peraga pendidikan adalah merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa.
Tujuan dan Manafaat Alat Peraga Pendidikan
Berikut ini beberapa tujuan dan manfaat alat peraga disebutkan sebagai berikut:
  1. Alat peraga pendidikan  bertujuan agar proses pendidikan lebih efektif dengan jalan meningkatkan semangat belajar siswa,
  2. Alat peraga pendidikan  memungkinkan lebih sesuai dengan perorangan, dimana para siswa belajar dengan banyak kemungkinan sehingga belajar berlangsung sangat menyenangkan bagi masing-masing individu,
  3. Alat peraga pendidikan memiliki manfaat agar belajar lebih cepat segera bersesuaian antara kelas dan diluar kelas, (d) alat peraga memungkinkan mengajar lebih sistematis dan teratur.
Secara ringkas, Proses pembelajaran memerlukan media yang penggunaannya diintegrasikan dengan tujuan dan isi atau materi pelajaran yang dimaksudkan untuk mengoptimalkan pencapaian suatu tujuan pengajaran yang telah ditetapkan. Fungsi media pendidikan atau alat peraga pendidikan dimaksudkan agar komunikasi antara guru dan siswa dalam hal penyampaian pesan, siswa lebih memahami dan mengerti tentang konsep abstrak matematika yang diinformasikan kepadanya. Siswa yang diajar lebih mudah memahami materi pelajaran jika ditunjang dengan alat peraga pendidikan.
Secara jelas dan terperinci, berikut ini adalah faedah-faedah atau manfaat dari penggunaan alat bantu/peraga pendidikan yaitu antara lain sebagai berikut:
  • Menimbulkan minat sasaran pendidikan ;
  • Mencapai sasaran yang lebih banyak ;
  • Membantu dalam mengatasi berbagai hambatan dalam proses pendidikan ;
  • Merangsang masyarakat atau sasaran pendidikan untuk mengimplementasikan atau melaksanakan pesan-pesan kesehatan atau pesan pendidikan yang disampaikan ;
  • Membantu sasaran pendidikan untuk belajar dengan cepat dan belajar lebih banyak materi/bahan yang disampaikan ;
  • Merangsang sasaran pendidikan untuk dapat meneruskan pesan-pesan yang disampaikan pemateri kepada orang lain;
  • Mempermudah penyampaian bahan/materi pendidikan/informasi oleh para pendidik atau pelaku pendidikan ;
  • Mempermudah penerimaan informasi oleh sasaran pendidikan. Seperti diuraikan di atas, bahwa pengetahuan yang ada pada seseorang diterima melalui panca indera. Berdasarkan penelitian para ahli, bahwa indera yang paling banyak menyalurkan pengetahuan ke dalam otak adalah mata. Kurang lebih 75 % sampai 87 % dari pengetahuan manusia diperoleh/disalurkan melalui mata. Sedangkan 13 % sampai 25 % lainnya diperoleh atau tersalur melalui indera yang lain. Dari sini dapat disimpulkan bahwa alat-alat peraga/media/alat bantu visual akan lebih mempermudah cara penyampaian dan penerimaan informasi atau bahan atau materi pendidikan ;
  • Dapat mendorong keinginan orang untuk mengetahui, kemudian lebih mendalami, dan akhirnya mendapatkan pengertian yang lebih baik. Orang yang melihat sesuatu yang memang diperlukan tentu akan menarik perhatiannya. Dan apa yang dilihat dengan penuh perhatian akan memberikan pengertian bru baginya, yang merupakan pendorong untuk melakukan atau memakai sesuatu yang baru tersebut ;
  • Membantu menegakkan pengertian/informasi yang diperoleh. Sasaran pendidikan di dalam memperoleh atau menerima sesuatu yang baru, manusia mempunyai kecenderungan untuk melupakan atau lupa. Oleh sebab itu, untuk mengatasi hal tersebut, AVA (Audio Visual Aid – alat bantu/peraga audio visual) akan membantu menegakkan pengetahuan-pengetahuan yang telah diterima oleh sasaran pendidikan sehingga apa yang diterima akan lebih lama tersimpan di dalam ingatan.  
Disini kami membuat alat peraga untuk mendemonstrasikan materi tentang teori atom J.J Thomson. Untuk lebih jelasnya kunjungi link berikut : https://www.youtube.com/watch?v=xaQlhUs2vkM

Komentar

  1. Apakah kelebihan dan kekurangan dari penggunaan alat peraga dalam pembelajran kimia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya akan menjawab kelebihannya yaitu
      1.dapat Menumbuhkan minat belajar siswa karena pelajaran menjadi lebih menarik
      2.Memperjelas makna bahan pelajaran sehingga siswa lebih mudah memahaminya
      3.Metode mengajar akan lebih bervariasi sehingga siswa tidak akan mudah bosan
      4.Membuat lebih aktif melakukan kegiatan belajar seperti:mengamati, melakukan dan mendemonstrasikan dan sebagainya
      kekurangannya :
      1. Mengajar dengan memakai alat peraga lebih banyak menuntut guru.
      2. Banyak waktu yang diperlukan untuk persiapan
      3. Perlu kesediaan berkorban secara materiil

      Hapus
  2. assalamualaikum wr wb . . .
    apakah terdapat kendala dalam proses pembuatan alat peraga tersebut, apabila orang lain mencoba untuk memperagakannya kembali ? bisa anda jelaskan !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wassalamualaikum, dalam pembuatan alat peraga ini tidak ada kendala karna alat nya mudah dicari dan mudah dibuat.

      Hapus
  3. apakah alat peraga tersebut telah sesuai dengan materi nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya alat peraga yang kami buat sudah sesuai dengan materi.

      Hapus
  4. apakah dengan menggunakan alat peraga ini akan membantu proses pembelajaran dan membuat peserta didik lebih mengerti? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya sangat membantu dan siswa bisa mengetahui bentuk atom dan struktur nya sehingga siswa bisa lebih mengerti.

      Hapus
  5. Apa alasan anda memilih alat peraga ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alasan saya memilih alat peraga tersebut yaitu mudah dicari alat dan bahan, serta mudah untuk dilakukan oleh pendidik yang lain.

      Hapus
  6. bagaimana cara alat peraga anda dapat diterapkan disekolah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. alat peraga yang kami buat itu diterapkan saat pembelajaran berlangsung, saat materi disampaikan lalu alat peraga itu ditunjukkan kepada murid sehingga mereka bisa melihat gambaran atomnya sehingga murid bisa lebih mengerti.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Landasan teoritis multimedia pembelajaran

TUGAS TERSTRUKTUR