Presentasi multimedia pembelajaran kimia hasil pengembangan
Media pembelajaran kimia tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi untuk jenjang SMA
Adapun kami membuat media dalam bentuk video, Selengkapnya dapat dilihat link dibawah ini:
Adapun kami membuat media dalam bentuk video, Selengkapnya dapat dilihat link dibawah ini:
Hai anisa rahayu,, postingannya tentang pengembangan multimedia materi kimia sangat menarik. saya ingin bertanya, adakah kendala yang kamu alami selama membuat pengembangan multimedia materi kimia yang kamu posting?
BalasHapushai rostalinda, dalam pembuatan multimedia yang saya buat tidak ada kendala karena multimedia kimia yang kami ambil ada dalam kehidupan sehari-hari sehingga mudah untuk dipahami.
HapusDari percobaan yang telah anda lakukan, apakah hanya itu saja faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi?
BalasHapusterimakasih, saya akan menjawab dimana faktor laju reaksi bukan itu saja tetapi ada 2 faktor laju reaksi seperti
Hapus1. Molaritas
Molaritas adalah banyaknya mol zat terlarut tiap satuan volum zat pelarut. Hubungannya dengan laju reaksi adalah bahwa semakin besar molaritas suatu zat, maka semakin cepat suatu reaksi berlangsung. Dengan demikian pada molaritas yang rendah suatu reaksi akan berjalan lebih lambat daripada molaritas yang tinggi.
2. Katalis
Katalis adalah suatu zat yang mempercepat laju reaksi kimia pada suhu tertentu, tanpa mengalami perubahan atau terpakai oleh reaksi itu sendiri. Suatu katalis berperan dalam reaksi tetapi bukan sebagai pereaksi ataupun produk. Katalis memungkinkan reaksi berlangsung lebih cepat atau memungkinkan reaksi pada suhu lebih rendah akibat perubahan yang dipicunya terhadap pereaksi. Katalis menyediakan suatu jalur pilihan dengan energi aktivasi yang lebih rendah. Katalis mengurangi energi yang dibutuhkan untuk berlangsungnya reaksi.
Bagaimana cara mengembangkan multimedia pembelajaran kimia yang menarik?
BalasHapusterimakasih saya akan menjawab untuk menegmbangkan multimedia agar menarik kita harus mengetahui dahulu faktor- faktor dan kriteria yang perlu diperhatikan oleh guru dalam memilih dan menggunakan media, diantaranya :
Hapus1. Faktor tujuan.
Media dipilih dan digunakan haruslah sesuai dengan tujuan pengajaran yang telah ditetapkan/ dirumuskan
2. Faktor Efektifitas.
Dari berbagai media yang ada, haruslah dipilih media yang paling efektif untuk digunakan dan paling tepat/sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan
3. Faktor kemampuan guru dan siswa.
Media yang dipilih dan digunakan haruslah sesuai dengan kemampuan yang ada pada guru dan siswa, sesuai dengan pola belajar serta menarik perhatian
4. Faktor fleksibilitas (Kelenturan), tahan lama dengan kenyataan.
Dalam memilih media haruslah dipertimbangkan kelenturan dalam arti dapat digunakan dalam berbagai situasi, tahan lama (tidak sekali pakai langsung dibuang), menghemat biaya dan tidak berbahaya sewaktu digunakan.
5. Faktor kesediaan media.
Sekolah tidak sama dalam menyediakan berbagai media yang dibutuhkan untuk kegiatan belajar mengajar. Hal ini sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing sekolah. Misalnya guru membuat sensiri, membuat bersama-sama siswa, membeli, menyewa, dll
6. Faktor kesesuaian antara manfaat dan biaya.
Dalam memilih media haruslah dipertimbangkan apakah biaya pengadaannya sesuai dengan manfaat yang didapatkan
7. Faktor kualitas dan tehnik.
Dalam pengadaan media, seorang guru harus mempertimbangkan kualitas dari media tersebut, tidak sekedar bisa dipakai. Media yang bernutu/berkualitas bisa tahan lama (tidak mudah rusak), dan sewaktu-waktu digunakan lagi tidak harus mengusahakan yang baru.
8. Objektifitas.
Metode dipilih bukan atas kesenangan atau kebutuhan guru, melainkan keperluan sistem belajar. Karena itu perlu masukan dari siswa.
9. Program pengajaran
Program pengajaran yang akan disampaikan kepada anak didik harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku, baik menyangkut isi, struktur maupun kedalaman.
10. Sasaran program
Media yang akan digunakan harus dilihat kesesuaiannya dengan tingkat pekembangan anak didik, baik dari segi bahasa, simbol-simbol yang digunakan, cara dan kecepatan maupun waktu penggunaannya.
Apakah pengembangan media yang anda lakukan mudah untuk dipahami siswa?
BalasHapusMenurut saya mudah dipahami karena siswa bisa mencoba sendiri sehingga siswa lebih mudah memahami
BalasHapusMaaf kak mau memberi saran seharusnya ada penjelasan sedikit tentang materinya sehingga pembaca lebih mengerti.
BalasHapusTerimakasih kak atas sarannya akan saya perbaiki.
Hapus