Postingan populer dari blog ini
Landasan teoritis multimedia pembelajaran
A. Pengertian Media Secara harfiah, kata media berasal dari bahasa latin medium yang memiliki arti “perantara” atau “pengantar”. Menurut Asosiasi Teknologi danm Komunikasi Guruan (Association for Education and Communication technology/AECT) mendefinisikan media sebagai benda yang dapat dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrument yang dipergunakan dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar, dapat mempengaruhi efektifitas program instruksional. Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima, sehingga dapat merangsang fikiran, perasaan, perhatian dan minat si penerima pesan. Di dalam proses penyampaian informasi ini dengan menggunakan saluran (media) maka komunikan akan menerima informasi/pesan tersebut melalui kelima panca inderanya (penglihatan, pendengaran, perabaan, penciuman dan pengecap). Ada beberapa tinjauan tentang landasan penggunaan media pembelaj...
TUGAS TERSTRUKTUR
1. Menurut cognitive theory of multimedia learning bahwa ada tiga asumsi utama yang dijadikan acuan dalam merancang suatu multimedia pembelajaran. Jelaskan ketiga asumsi tersebut dengan memberikan contoh masing-masing media yang relevanuntuk pembelajaran kimia. Jawab : Menurut cognitive theory of multimedia learning bahwa ada tiga asumsi utama yang dijadikan acuan dalam merancang suatu multimedia pembelajaran. Jelaskan ketiga asumsi tersebut dengan memberikan contoh masing-masing media yang relevan untuk pembelajaran kimia. Jawab : Mayer (2001) mengemukakan tiga asumsi berdasarkan Teori Kognitif Multimedia Learning (CTML), yaitu: 1. Asumsi saluran-ganda (dual-channel assumption) yang menyatakan bahwa manusia menggunakan kanal pemrosesan informasi terpisah yakni untuk informasi yang disajikan secara visual dan informasi yang disajikan secara auditif. Pemrosesan inform...
Pada suhu dan konsentrasi berapakah laju reaksi dapat berlangsung?
BalasHapussuhu
HapusPartikel-partikel dalam zat selalu bergerak. Jika suhu zat dinaikkan, maka energi kinetik partikel-partikel akan bertambah sehingga tumbukan antar partikel akan mempunyai energi yang cukup untuk melampaui energi pengaktifan. Hal ini akan menyebabkan lebih banyak terjadi tumbukan yang efektif dan menghasilkan reaksi.Pada umumnya, setiap kenaikan suhu sebesar 10 oC, reaksi akan berlangsung dua kali lebih cepat. Dengan demikian, apabila laju reaksi awalnya diketahui, kita dapat memperkirakan besarnya laju reaksi berdasarkan kenaikan suhunya
Mengapa kita menggunakan ppt lagi setelah melakukan media pengembagan pembelajaran dengan video? Bukankah video tersebut sudah termasuk kedalam media
BalasHapusMenurut saya, PPT digunakan untuk membantu dalam penyampaian materi sehingga lebih terarah. Karena kalau hanya menonton video saja siswa hanya diberi kesempatan bertanya setelah video selesai. Sedangkan dengan media PPT siswa bisa langsung menanyakan tanpa menunggu penyampaian materi selesai. Terimakasih
Hapusapa alasan anda memilih percobaan tentang pengaruh konsentrasi yang disampaikan menggunakan media powerpoint? terima kasih.
BalasHapusalasan saya memilih media powerpoint pada materi pengaruh konsentrasi karena medianya cocok dan pembuatan media ini tidak terlalu sulit yang penting tidak berlebihan dalam membuat media PPT trsebut.
HapusBagaimana agar siswa tidak bosan dengan media yg anda pilih?
BalasHapusterimakasih saudari mella saya akan mencoba menjawab agar siswa tidak bosan dalam media yang saya pilih, materi yang disampaikan tidak monoton dan ada tanya jawab sehingga siswa tidak bosan.
Hapusbagaimana cara anda membuat sebuah power poin lebih bermakna untuk belajar siswa ?
BalasHapusassalammualikum saya ingin bertanya kak apakah ada kendala dalam pembuatan media power point ini?
BalasHapusWaalaikumsalam kak menurut saya media powerpoint ini cukup mudah dibuat, mungkin kendala yang ditemui adalah saat membuat powerpoint yang menarik dan ketidak menguasainnya pendidik dalam membuat media.
Hapus